December 10, 2011

Kapal Perang Rusia Bergerak ke Teluk Aden

Admiral Tributs Destroyer (Foto: Military-Today.com)

KOMPAS.com — Kapal perusak antikapal selam Admiral Tributs milik Angkatan Laut Rusia diberangkatkan dari pangkalannya di Vladivostok, Rusia timur jauh, menuju Teluk Aden, Sabtu (10/12/2011). Menurut juru bicara Armada Pasifik AL Rusia, kapal tersebut akan mengikuti operasi gabungan antibajak laut di perairan tersebut.

Kapal Admiral Tributs adalah kapal perusak kelas Udaloy yang menjadi bagian Armada Pasifik Rusia. Kapal tersebut meninggalkan pangkalannya di Vladivostok, didampingi sebuah kapal tanker Pechenega dan satu kapal tunda penyelamat, sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Kapal yang dilengkapi dua helikopter itu akan menggantikan tugas kapal Admiral Panteleyev yang sudah lebih dulu berada di Teluk Aden. Admiral Tributs sendiri sudah pernah bertugas untuk misi serupa pada tahun 2009.

Rusia berperan aktif dalam operasi antibajak laut ini sejak 2008, dan kapal-kapal perangnya sudah mengawal tak kurang dari 120 kapal dagang yang melintasi perairan rawan perompak di lepas pantai Somalia.

Pergerakan kapal-kapal AL Rusia sangat sibuk akhir-akhir ini. Selain perjalanan Admiral Tributs ke Teluk Aden, tak kurang dari sembilan kapal perang lain dari Armada Laut Hitam, Armada Baltik, dan Armada Utara Rusia sedang bergerak menuju Laut Tengah. Mereka secara resmi disebutkan akan menjalani latihan rutin musim dingin, tetapi ada sinyalemen konvoi kapal perang ini akan menuju Suriah, sekutu Rusia yang sedang berada dalam tekanan dunia internasional.

Sumber: Kompas

0 Comment:

Post a Comment