December 4, 2011

AS Kembangkan dan Persiapkan Pasukan Tembus Pandang

WASHINGTON DC-(IDB) : Pasukan yang tidak terlihat biasanya hanya bisa ditemui dalam film fiksi ilmiah. Namun, siapa sangka jika teknologi terbaru dari militer bisa membuat cerita menjadi kenyataan. Dalam perang, pasukan memiliki konsep kamuflase untuk tidak boleh terlihat atau terdengar. Militer Amerika Serikat sedang berupaya mengembangkan teknologi tersebut.



Dilansir Metro.co.uk, belum lama ini, para peneliti yang bekerja untuk militer kini sedang mengembangkan sesuatu yang sebelumnya dianggap fantasi, tentara tembus pandang. Komando Operasi Khusus AS (SOCOM) mengawasi misi rahasia itu yang dilakukan tentara, angkatan udara, angkatan laut dan marinir.

Efeknya telah dicapai dengan metamaterials. Beberapa tahun lalu, peneliti juga telah mengembangkan alat serupa yang disebut DC metamaterial yang mampu membuat sebuah objek menjadi tak terlihat, meski dalam lingkungan dengan tingkat paparan sinar tertentu. Namun, perangkat ini masih dalam penelitian teoritis.

Peneliti kini harus memilih sifat terbaik dari bahan-bahan yang ada untuk membuat bahan yang baru dan sesuai untuk tugas itu. Keberhasilan alat itu masih dipertanyakan karena teknologi ini bisa diterapkan untuk helikopter dan kapal tetapi belum diuji pada manusia.
Sumber: Indo defence

0 Comment:

Post a Comment