December 17, 2011

Cina Marah Jika AS Tempatkan Kapal Perang Di Singapura Dan Filipina

BEIJING-(MDN) : Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan ia akan menempatkan beberapa kapal perang baru di Singapura dan mungkin di Filipina pada waktu yang akan datang, langkah yang mungkin meningkatkan kekhawatiran Cina yang akan merasa ditekan dengan perselisihan merebut wilayah Laut Cina Selatan.

Analis pertahanan regional berkata, walaupun kapal itu kecil tetapi tindakan itu, yang dibuat setelah Washington mengumumkan akan menambahkan kehadirannya di Asia, akan mengecewakan dan membuat kemarahan Cina.
Bulan lalu, Amerika dan Australia mengumumkan rencana meningkatkan kehadiran militer Amerika di kawasan Asia Pasifik, dengan menempatkan 2.500 personil angkatan laut Amerika yang beroperasi di Darwin di utara Australia.

Dalam beberapa tahun ini, Angkatan Laut Amerika semakin fokus pada wilayah maritim strategis di kawasan Asia Pasifik, kata Kepala Operasi Angkatan Laut, Laksamana Jonathan Greenert, dalam tulisan beliau majalah Proceedings, yang diterbitkan oleh Institut Angkatan Laut Amerika.

Beliau berkata, tentara angkatan laut berencana menempatkan beberapa kapal perang terbarunya bersama dengan tentara laut Singapura, sebagai tambahan pada rencana yang diumumkan Presiden Barack Obama agar pasukan AL ditempatkan di Darwin mulai tahun depan.

Sumber : Sabili

1 comment:

  1. Cina hrs menyiapkan kapal2 ronda ke wilayah laut cina selantan, utk mengamankan daerah tsb dan pesawat2 pengintai cina hrs selalu hadir diwilayah laut cina selatan yg menjadi sengketa beberapa negara.

    ReplyDelete