December 17, 2011

Rusia Setuju Pasok 42 Unit Su-30 Ke India


MOSKOW (MDN) :Kementerian Pertahanan Malaysia berencana untuk membeli 18 jet tempur Sukhoi Su-30MKM Rusia yang cocok untuk mengangkut rudal-rudal jelajah supersonik BrahMos buatan Rusia-India, kata harian Izvestia, Selasa (15/11/2011), seperti dikutip kantor berita berita Rusia, Ria Novosti, di laman internetnya.

Harian itu, yang mengutip sumber-sumber militer, mengatakan, Menteri Pertahanan Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, pada Selasa ini berencana akan mengunjungi pabrik pesawat Irkut, yang memproduksi jet tempur Sukhoi Su-30MKI untuk India. Menurut Izvestia, sebuah jet tempur seperti itu dibeli Malaysia dengan harga sekitar 50 juta dollar AS (Rp 610 miliar), termasuk biaya pemeliharaan di masa depan.

Dalam kunjungan tersebut, menurut harian itu, Hamidi "mungkin menandatangani sebuah kontrak untuk membeli 18 unit jet tempur Sukhoi Su-30MKM".

Menteri Pertahanan Malaysia itu juga berencana untuk mendiskusikan pemasangan rudal-rudal baru, termasuk Brahmos, pada 18 jet tempur Su-30MKM itu. Rudal-rudal tersebut telah diterima Malaysia pada Agustus 2009 berdasarkan kontrak senilai 900 juta dollar AS yang ditandatangani tahun 2003.

Armada pesawat tempur Malaysia saat ini juga mencakup pesawat MiG-29N Fulcrum buatan Rusia serta jet tempur F/A-18D Hornet dan F-5 Tiger buatan AS. Sukhoi Su-30MKM merupakan jet tempur versi Flanker yang multiperan berbasiskan model Sukhoi Su-30MKI dan paket fitur avionik yang dibangun sesuai untuk spesifikasi Malaysia. Jet tempur jenis Sukhoi merupakan bagian terbesar dari ekspor senjata Rusia. 

Sumber : Kompas

0 Comment:

Post a Comment