December 19, 2011

SBY Resmikan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan fasilitas Pendidikan dan Pelatihan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) di Indonesian Peace and Security Center (IPSC), Bukit Merah Putih, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pukul 09.00 WIB, Senin, 19 Desember 2011.

Presiden akan didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto; Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro; dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

Fasilitas diklat PMPP menjadi pusat pendidikan bagi prajurit TNI yang akan bertugas menjadi pasukan perdamaian PBB. Tempat ini juga memiliki fasilitas dan pendidikan, antara lain Pusat Pelatihan Penanggulangan Terorisme, Pusat Pelatihan Penanggulangan Bencana, Pusat Pelatihan Bahasa, dan Markas Pasukan Siaga TNI.

Pangkalan IPSC terletak di Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup, Sentul, Kabupaten Bogor, dengan luas tanah 261,712 hektare. Kawasan IPSC terdiri dari lima areal atau 5 in 1, yaitu areal Pusat Pemeliharaan Perdamaian seluas 242, 712 hektare, Pusat Pelatihan Penanggulangan Terorisme seluas 7 hektare, Markas Pasukan Siaga TNI seluas 4 hektare, Pusat Pelatihan Penanggulangan Bencana seluas 4 hektare, dan Pusat Bahasa seluas 2,1 hektare.

Seluruh pembangunan PMPP akan diselesaikan pada tahun anggaran 2013. Saat ini, proses pembangunan sudah mencapai 62 persen.


Sumber: Tempo

0 Comment:

Post a Comment