March 20, 2012

Ban Ki-Moon Hadiahi SBY Helm Pasukan Perdamaian PBB

(MDN), PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono dihadiahi helm pasukan pemelihara perdamaian PBB oleh Sekjen PBB Ban-Ki Moon atas partisipasi pasukan Indonesia yang tergabung dalam kontingen Garuda dalam misi perdamaian di berbagai belahan dunia.
 
Ban Ki-Moon pun memberi penghormatan pada SBY karena merupakan satu-satunya presiden yang pernah bertugas dalam misi perdamaian PBB. “Pagi ini saya bertemu dengan seorang veteran pasukan penjaga perdamaian PBB, yakni Presiden Yudhoyono. Bagi PBB, dia lebih dari seorang Kepala Negara. Bagi kami, dia adalah keluarga besar PBB, dia akan selalu menjadi bagian dari pasukan helm biru,”kata Ban-Ki Moon saat memberikan ceramah dalam tinjauannya ke Fasilitas Pendidikan dan Pelatihan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian di Sentul Bogor, Selasa (20/3).

Indonesia telah berpartisipasi dalam menjaga perdamaian dunia melalui PBB sejak 8 Januari 1957 dengan mengirimkan kontingen Garuda I ke Mesir yang dilanjutkan dengan kontingen Garuda II dan III ke Kongo pada 1962.

Dalam sejarahnya, pasukan pemelihara perdamaian Indonesia baru menempatkan dua personel dengan jabatan tinggi di lapangan, yaitu Mayjen Rais Abin sebagai Force Commander of UN Peacekeeping Mission in UNEF II dan Brigjen Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Chief Military Observer of Nations Transitional Administration for Eastern Slavonia, Baranja and Western Sirmium (UNTAES). “Anda adalah satu-satunya pemimpin negara yang pernah menjadi pasukan penjaga perdamaian PBB. Saya sangat menghormati pengalaman anda,”ujar Ban.

Sumber: Jurnas

0 Comment:

Post a Comment