March 29, 2012

Kaskoopsau I meninjau latihan Demo Udara Pesawat EC 120 B Colibri

(MDN), Kepala Staf Komando Operasi TNI AU I (Kas Koopsau I), Marsma TNI Agus Supriatna didampingi Asops Kaskoopsau I, Kolonel Pnb Ismet Ismaya, Kalambangja Koopsau I Kolonel Pnb Ferdinand Roring serta Kaku Koopsau I Letkol Adm Kris meninjau Skadron Udara 7 Lanud Suryadarma, Rabu (28/3). Dalam kunjungan ini Kas Koopsau I disambut Komandan Pangkalan TNI AU Suryadarma, Kolonel Pnb H. Dumex Dharma, S AP, M Si (Han), Komandan Skadron Udara 7 Letkol Pnb Sapuan, S Sos beserta perwira Skadron Udara 7 dan pejabat lanud.
 
Dalam kunjungan tersebut Kaskoopsau I sekaligus meninjau persiapan Demo Udara oleh pesawat Helikopter Colibri yang akan tampil pada peringatan HUT ke 66 TNI AU 9 April mendatang. Dalam pengarahannya Kaskoops mengharapkan Demo Udara ini dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasi (SOP) atau ketentuan yang selama ini dilaksanakan. “Dengan penampilan pertama ini sudah membuat kesan yang bagus dan akan tampil untuk ditonton, untuk itu tampilkan trik-trik untuk memukau penonton” katanya. Selanjutnya menurut Marsma Agus , Demo Udara Helikopter ini tidak gampang dan dan harus dilatih dengan sungguh-sungguh , ini merupakan kebanggaan, dengan latihan kalian punya kemampuan untuk menampilkan gerakan-gerakan yang dinamis namun perlu diingat perhatikan Safety dengan baik dan jaga kepercayaan pimpinan, tidak lupa berdoa dan saling percaya diantara semua tim,tegasnya.

Sementara itu Komandan Pangkalan TNI AU Suryadarma, Kolonel Pnb H. Dumex Dharma, S AP, M Si (Han) dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Kas Koopsau I dalam meninjau kesiapan Lanud Suryadarma, Khususnya Skadron Udara 7 dalam persiapan menyambut HUT ke 66 TNI AU. “Selamat datang di Suryadarma mudah-mudahan kunjungan ini akan menjadi pemicu bagi kami dalam melaksanakan tugas selanjutnya” harapnya.

Selanjutnya Rombongan menyaksikan latihan Demo Udara dengan 6 pesawat Colibri dan bertindak sebagai Leader Letkol Pnb Sapuan “Pulanggeni”. Demo Udara menampilkan formasi–formasi antara lain Pegasus Cross Over Break, Pegasus Head On, Waterfall, Spiral Dive, dan Sparkling Pegasus. Selesai melaksanakan latihan, Kaskoopsau I kembali memberikan arahan-arahan dan koreksi serta mengevaluasi kegiatan yang baru dilaksanakan.

Heli Colibri TNI AU Dukung Operasi Alur Elang

(MDN), JAKARTA - Satu helikopter EC-120B Colibri nomor registrasi HL-1205 dari Skuadron Udara 7 disiagakan untuk mendukung latihan pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia dalam Operasi Alur Elang.

Helikopter latih lanjut itu berpangkalan di Pangkalan Udara TNI-AU Suryadarma, Subang, Jawa Barat. Untuk sementara dia digeser ke Terminal Selatan Pangkalan Udara Utama TNI-AU Halim Perdanakusuma dalam operasi itu.

“Sesungguhnya tugas yang kami emban sudah 22 Maret, dengan mendukung Latihan Kilat, Latihan Cakra, Latihan Tangkis Petir dan Kalibrasi Radar Cibalimbing, dan direncanakan akan berakhir sampai 29 akhir bulan ini”, kata Letnan Satu Penerbang Antonius. Dia adalah kapten pilot helikopter itu, di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (28/3).

Selain pengamanan ALKI, Colibri saat ini bertugas sebagai pesawat yang siap untuk operasi Search And Rescue (SAR). Disamping itu, bertugas dalam misi mendukung pengecekan kesiapan unsur demo udara ke Pangkalan TNI Suryadarma dengan rute Halim-Sasaran-Halim.

Colibri, menurut rencana, akan digelar di udara dalam satu formasi aerobatik helikopter, The Pegasus, pada hari puncak HUT ke-66 TNI-AU di Pangkalan Udara Utama TNI-AU Halim Perdanakusuma, 9 April nanti.

Demonstrasi udara mengambil nama kuda sembrani mithologi tunggangan Dewa Zeus itu diketengahkan dalam banyak manuver unik khas kemampuan manuver helikopter.

Sumber : ANTARANEWS.COM / TNI AU

0 Comment:

Post a Comment