March 30, 2012

Penyiapan Sorong Sebagai Pusat Armada Kawasan Timur Masih Sebatas Konsep

(MDN), Sorong - Komandan Lantamal X Papua dan Papua Barat Laksamana Pertama F.X.Agus Soesilo, MM mengatakan konsep penyiapan Sorong sebagai pusat armada kawasan timur Indonesia saat ini masih sebatas konsep dari petinggi TNI dan petinggi TNI-AL.
 
Menurutnya, memang hal itu pernah disampaikan dalam arahan petinggi Angkatan Laut berupa konsep, karena wilayah Sorong dilihat dari tempatnya yang sangat strategis.

Kendati demikian, saat ini pihaknya telah mengatisipasi dengan menyiapkan sarana dan prasarana, seperti pembangunan Mako Angkatan Laut yang baru, pelabuhan dan pembangunan Mako Marinir di Katapop, Kabupaten Sorong.

Ketika ditanya tentang apakah sudah ada pergeseran pasukan organik, menurutnya memang hinga saat ini belum adanya pergeseran karena semuanya pasti ada berbagai tahapan yang harus dilakukan dan semuanya tergantung keputusan politik Pemerintah Pusat bersama petinggi TNI dan TNI-AL.

Diakuinya, memang pernah mendapat informasi dan arahan tentang konsep pembangunan pangkalan AL, khususnya tentang penyiapan Sorong sebagai armada laut kawasan timur dan barang tentu kita sebagai satuan pelaksana tinggal menunggu apa bentuk dari keputusan itu selanjutnya.

Kehadiran Danlantamal X itu di Sorong pada Kamis (29/3), sebagai inspektur upacara pada serah terima jabatan Danlanal Sorong dari pejabat lama Kolonel Laut (P) Antongan Simatupang kepada pejabat yang baru Kolonel Laut (P) Ifansyah.

Selanjutnya pejabat lama akan menduduki jabatan baru sebagai Aster Gugus Tempur Laut Armada Kawasan Timur dan pejabat baru sebelumnya sebagai Komandan Puslabser Kodam III Surabaya.

Serah terima jabatan itu turut dihadiri para unsur Muspida, petinggi TNI, Polri serta undangan lainnya. Usai serah terima jabatan dilanjutkan dengan acara pisah sambut yang berlangsung di Mariat Hotel Sorong.

Sumber: InfoPublik

0 Comment:

Post a Comment