April 27, 2012

Komisi I Dukung Rencana TNI AD Beli Tank Leopard

Wamenhan dan KSAD saat melakukan kunjungan ke Jerman untuk melihat dan mencoba langsung kehebataan Leopard 2, dan menjadikan Jerman sebagai opsi kedua jika belanda menolak penjualan Leopard 2 ke Indonesia. (Foto: Dok. Kemenhan RI)

(MDN), Senayan - Komisi I DPR RI sepakat untuk mendukung rencana TNI AD membeli tank Leopard produksi Jerman. Sebelumnya banyak anggota Komisi Pertahanan yang menolak rencana pembelian tank bekas pakai Belanda ini. Mereka menolak karena perangkat perang ini tak sesuai dengan kondisi geografi Indonesia dan alih teknologinya sulit direalisasikan oleh produsen.
 
Komisi I akan mengiyakan secara resmi rencana TNI AD ini dengan catatan, sepanjang tidak ada upaya politisasi dari pihak mana pun. Selain itu, pembelian tank tersebut harus dilakukan langsung ke produsen di Jerman.

"Dengan demikian, memungkinkan adanya alih teknologi dan kerja sama pemeliharaan antara produsen dan PT Pindad," ujar Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq kepada Jurnalparlemen.com, Jumat (27/4).

Menurut Mahfudz, pembelian langsung ke produsen tank Leopard di Jerman akan memungkinkan modifikasi sesuai kebutuhan Indonesia dan lebih efisien harganya.

Meskipun hampir semua anggotanya menyatakan dukungan, hingga kini Komisi I DPR belum mengeluarkan keputusan resmi guna menyetujui rencana ini. Keputusan resmi akan dikeluarkan setelah anggaran untuk menggolkan rencana ini dianggap sesuai. "Ya, Komisi I memang belum memutuskan persetujuan anggaran untuk pengadaan tank tersebut," ujar Wasekjen DPP PKS ini.

Sumber: Jurnal Parlemen

1 comment:

  1. ayo pt pindad buatkan tank tank mbt 15 ton sampai 80 ton sebagai pertahanan indonesia yang ber meriam 105mm, 120 mm dan 155 mm dan juga pasar market internasional

    ReplyDelete