June 21, 2012

Komisi I Dorong Percepatan Modernisasi Pesawat Militer

Pesawat Fokker 27 sesaat sebelum jatuh
(MDN), Senayan - Komisi I DPR akan mendorong percepatan pengadaan dan modernisasi bagi pesawat militer. Hak ini menyusul terulangnya peristiwa kecelakaan pesawat militer.
 
"Saya dapat konfirmasi siang tadi tentang jatuhnya pesawat Fokker 27 di sekitar Halim Perdanakusuma. Memprihatikankan karena pesawat itu berusia lanjut," ujar Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq kepada Jurnalparlemen.com, Kamis (21/6).

Mahfudz berharap, pihak TNI AU bekerja sama dengan KNKT untuk mengusut sebab kecelakaan tersebut. Jika kecelakan tersebut terbukti akibat kerusakan mesin yang sudah uzur, maka modernisasi alutsista TNI harus dipercepat. Bukan saja pesawat tempur yang mesti dimodernisasi. Radar di pangkalan udara militer juga perlu diremajakan. 

"Pemutihan alutsista sepenuhnya kewenangan Mabes TNI dan Kemenhan. Komisi I secara prinsip mendukung percepatan alutsista untuk tiga angkatan dengan skala priorita: AL - AU - AD. Bukan hanya peremajaaan, tapi juga penambahan unit," kata Mahfudz.

Seperti diketahui, sebuah pesawat jenis Fokker 27 jatuh siang tadi sekitar pukul 14.30 WIB mengalami kecelakaan di perumahan Kompleks Rajawali, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Informasi dari Kabiro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Agung Budi Maryoto, pesawat tersebut milik TNI AU.

Sumber: Jurnal Parlemen

0 Comment:

Post a Comment