July 16, 2012

Komisi I Terima Menlu Australia

(MDN), Senayan - Meski DPR RI telah memasuki masa reses, bukan berarti tidak ada kegiatan di gedung wakil rakyat. Misalnya, Komisi I DPR Senin (16/7) ini menerima kunjungan kerja Menlu Australia Bob Carr, yang  didampingi Dubes Australia untuk Indonesia Greg Moriarty dan sejumlah stafnya.
 
Menlu Australia langsung diterima Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq (F-PKS) dan sejumlah anggota Komisi I seperti Sidarto Danusubrota (F-PDIP) dan Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati (F-Hanura).

Sessai pertemuan, Mahfudz menjelaskan kehadiran Menlu Australia di DPR ini membahas sejumlah hal. "Di antaranya soal kelanjutan peningkatan kerja sama bidang pertahanan dan perdagangan kedua negara," ujar Mahfudz di Ruang Pimpinan Komisi I DPR, Senin (16/7).

Dalam kesempatan ini, pihak Australia menyatakan komitmennya membangun kerja sama pertahanan yang lebih erat lagi. "Hibah empat unit pesawat Hercules, salah satu dukungan nyata dari Australia untuk militer RI," kata Mahfudz.

Australia juga menyatakan komitmennya atas keutuhan NKRI, termasuk soal Papua. Mahfudz menjelaskan, Menlu Australia  juga menyinggung soal kerja sama yang dibangun dengan Amerika Serikat (AS) sehingga AS tahun depan menempatkan pasukannya di Australia. "Mereka pastikan kehadiran pasukan AS di Australia tidak akan mengancam keamanan RI dan kawasan," tegasnya.

Sumber: jurnal Parlemen

0 Comment:

Post a Comment