March 6, 2012

KKIP Menggelar Sidang Pleno Kelima

(MDN), Jakarta - Memasuki awal tahun 2012, Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) menggelar Sidang Pleno Kelima KKIP dengan tujuan merefleksikan dan memproyeksikan kembali tugas-tugas yang akan dijalankan KKIP agar sejalan dengan master plan revitalisasi industri pertahanan.  Sidang Pleno Kelima KKIP dilaksanakan, Selasa (6/3) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

China Segera Beli 48 Unit Sukhoi Su-35

(MDN), MOSKWA - China dalam waktu dekat diharapkan segera menandatangani kontrak pembelian 48 unit pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia. Kontrak pembelian tersebut bernilai sekitar 4 miliar dollar AS (Rp 36,73 triliun).

Indonesia Dilirik Jadi Pasar F-35

(MDN), Singapura - Kontraktor utama pembuat pesawat F-35 Lightning II, Lockheed Martin, melirik Indonesia sebagai salah satu negara pasar potensial untuk penjualan pesawat generasi kelima berteknologi stealth tersebut.

RI Akan Bangun Pabrik Rudal C-705

C-705 (Foto: sinodefence.com
(MDN), Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro menegaskan, Indonesia menganut prinsip kebijakan yang sifatnya bebas dan aktif. Termasuk bidang kemiliteran, kita tak tergantung pada salah satu negara atau kepentingan.

Alat utama sistem senjata (alutsista) TNI berasal dari berbagai negara, misalnya, F-16 dan helikopter Apache dari Amerika Serikat, dan pesawat Sukhoi dari Rusia. Pemerintah juga menggandeng China untuk bekerja sama mempersenjatai militer Indonesia dengan peluru kendali.

24 Pesawat F16 dari AS Tiba di RI Mulai 2014

(MDN), Sebanyak 24 unit pesawat F16 hibah dari Amerika Serikat secara bertahap akan tiba di Indonesia. Pesawat-pesawat yang akan memperkuat 2 skuadron TNI Angkatan Udara itu saat ini masih di-up grade di Amerika.

"Sejauh ini tidak ada masalah, sesuai jadwal bahwa nanti akan datang secara bertahap mulai pertengahan 2014, terus tiap bulan nanti akan hadir," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa 6 Maret 2012.

Menhan: Silahkan KPK Selidiki Sukhoi

(MDN), Kabar tak sedap berhembus terkait pengadaan enam pesawat Sukhoi Su-30 MK2 buatan Rusia yang akan melengkapi armada TNI Angkatan Udara.

Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin dan Indonesia Corruption Watch (ICW) mencurigai ada penggelembungan dengan nilai total Rp1.596 triliun. Sebab, diduga  menggunakan mekanisme kredit eksport (KE). Ini diperkuat dengan adanya agen atau pihak ketika PT Trimarga Rekatama. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk mengusut kasus ini.

Kemhan Siapkan Opsi Pembelian Tank Dari Jerman

(MDN), JAKARTA - Kementerian Pertahanan RI (Kemhan) memilih opsi pengadaan tank Leopard dari Jerman untuk antisipasi jika Belanda menolak rencana Indonesia membeli tank bekas pakai Angkatan Daratnya.

Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Syamsuddin, mengatakan, Jerman merupakan original country dari pembuat Leopard. Setiap pembelian tank Leoprad tentunya harus menggunakan izin penjualan dari Jerman. Meskipun yang dibeli bekas pakai negara diluar Jerman.