July 7, 2012

Kemenhan: Tahun 2011, Komisi I DPR Setujui Hibah Hercules


C-130H Hercules A97-010 dan A97-12 tanpa mesin diparkir di Richmond sejak 2009. (Foto: Joshua Masterson dan CPL Colin Dadd). RAAF berencana pensiunkan dini armada C-130H Hercules pada 2013, diharapkan menghemat anggaran pemerintah 250 juta dolar untuk biaya perawatan dan operasional.

(MDN), Jakarta Kementerian Pertahanan menegaskan Komisi I DPR pernah memberi persetujuan atas usulan hibah 4 unit pesawat Hercules C-130 dari Australia. Persetujuan dari Komisi bidang Pertahanan itu terjadi dalam pembahasan anggaran 2011.

Anggaran Pengganti Fokker Juga Diberi Tanda Bintang

CN-295 Pertama TNI AU Jalani Test Flight
(MDN), JAKARTA – Pengadaan pesawat pengganti Fokker 27 yang mengalami kecelakaan 21 Juni lalu tak semulus yang dibayangkan. Sebab, dana negara yang akan digunakan untuk membeli pesawat baru CN-295 dari Airbus Military Spanyol belum bisa dicairkan. Dana itu masih tertahan dengan tanda bintang dari Komisi 1 DPR.

14 anggota DPR RI dari Komisi I Kunker ke Spanyol

Final Sea Trials of F-105 “CRISTÓBAL COLÓN” frigate Spanyol produksi Navantia. Komisi I DPR RI dijadwalkan berkunjung ke Navantia. (Foto: Navantia)

(MDN), London - Sebanyak 14 anggota DPR RI dari Komisi I mengadakan lawatan ke Spanyol untuk menggali informasi secara umum mengenai konsep dan sistem dalam industri pertahanan di Spanyol.

SBY-Merkel Belum Tentu Bahas Pembelian Leopard

(MDN), Jakarta Awal pekan depan Presiden SBY menerima kunjungan kenegaraan Kanselir Jerman, Angela Merkel. Belum dipastikan realisasi rencana pembelian tank Leopard untuk TNI AD jadi salah satu agendanya.

'Lebih Baik Beli Alutsista Baru Ketimbang Terima Hibah Pesawat Bekas'

(MDN), Senayan - Hibah empat unit pesawat bekas pakai dari Australia belum mendapat persetujuan DPR RI. Sesuai dengan ketentuan Pasal 23 ayat 1 UU No 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, hibah semacam itu mesti disetujui DPR. Hingga kini masih terjadi pro-kontra ihwal rencana Presiden SBY menerima hibah pesawat bekas dalam kunjungannya ke Negeri Kanguru.

Menhan: Soal Hibah Hercules Australia, DPR Minum Pil Sabar Dulu

(MDN), Kementerian Pertahanan (Kemhan) masih menghitung biaya upgrade empat unit pesawat Hercules C-130 hibah dari Australia. Maka aneh bila Komisi I DPR sudah menyebut biayanya adalah US$ 60 juta dan itu pun dinilai terlalu mahal.