February 11, 2013

Menaklukkan Leopard Singapura

(MDN), Dalam banyak hal, Singapura memang jauh lebih baik dari negeri tetangganya di Utara. Biarpun memang terdapat riak-riak kecil dalam hubungan bilateral Republik Indonesia-Singapura, toh hal tersebut tidak lantas menjadi sandungan bagi kedua negara. Secara umum, terdapat suatu jalinan mesra baik itu hubungan sipil maupun militer antar kedua negara


Dalam hubungan militer, telah banyak contoh kerjasama dan latihan bersama yang dijalin oleh kedua negara, terakhir berupa latihan bareng SAFKAR Indopura 2012 yang diadakan di Cipatat. Namun ternyata, masih ada lagi. Diluar pantauan publik dan pers, ternyata satu kontingen perwira dan prajurit Kavaleri telah diberangkatkan ke Singapura.

Hal ini justru baru terungkap dari sambutan yang disampaikan oleh Dan Pussenkav Brigadir Jenderal Purwadi Mukson S.IP dalam HUT Kavaleri ke-63 di lapangan Pussenkav TNI AD, Bandung, yang dihadiri ARC. Berkat hubungan baik antar kedua negara, Singapura dengan tangan terbuka menerima kedatangan kontingen Kavaleri yang berjumlah 8 orang, walaupun program ini tidak dijadwalkan jauh hari sebelumnya. Singapura dipilih sebagai ajang tempat berlatih, karena Singapura memiliki Leopard 2A4 dan Leopard 2SG (upgrade oleh Deisenroth) yang setara dengan yang akan diterima oleh Indonesia pada akhir tahun 2013.

Kedelapan perwira dan prajurit Kavaleri ini terdiri dari 2 personil Yon-1 Kavaleri/ Kostrad, 2 personil Yon-2 Kavaleri/ Kostrad, serta 4 orang dari Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav). Kontingen dari Pusdikkav terhitung paling banyak, karena 4 orang inilah yang kelak menjadi instruktur untuk Leopard 2A4/RI TNI AD, sesuai dengan awak MBT Leopard yaitu pengemudi, komandan kendaraan, pengisi peluru, dan penembak. Kedelapan perwira dan prajurit Kavaleri terbaik ini telah menjalani 12 hari pelatihan dalam simulator maupun dengan Leopard 2SG. Hasilnya? Luar biasa. Dalam pelatihan yang sebenarnya diadakan oleh Singapura untuk negara Asia yang memiliki MBT, kontingen Indonesia mampu menaklukkan macan Singapura, dan bahkan menjadi yang terbaik.

Sumber: ARC

0 Comment:

Post a Comment