May 6, 2013

Cat Baru CN-235 Pesanan TNI-AL

(MDN),  Inilah dia tampang baru CN-235 versi patroli maritim pesanan TNI-AL. Setelah proses pengecatan, CN-235 boleh dibilang TNI-AL banget. Pasalnya, warna yang dipilih sama seperti pesawat-pesawat TNI-AL pada umumnya, yaitu biru ke abu-abuan.


Selain cat, dari foto yang dikirim anggota ARC, Andon Rudiyanto ini terlihat pula sejumlah simbol lainnya. Diantaranya lambang skadron berbentuk burung camar, yang menandakan pesawat ini nantinya akan bergabung dengan skadron 800 Puspenerbal. Skadron 800 Puspenerbal sendiri merupakan skadron yang memiliki tugas utama patroli maritim. Selain itu, nomor ekor pesawat khas TNI-AL juga sudah tertera. Namun uniknya, terdapat pula nomor lainnya bertuliskan AX-2339 yang merupakan kode dari PT. Dirgantara Indonesia. Dengan demikian, bisa dipastikan, pesawat ini masih menjalani serangkaian uji coba.
(foto: andon rudiyanto)


TNI-AL sendiri memesan sebanyak 3 unit CN-235 versi patroli maritim. Berbeda dengan milik TNI-AU, CN-235 pesanan TNI-AL ini memiliki radar dibawah perut. Namun demikian, belum diketahui secara pasti peralatan sensor dan kemampuan sejati dari CN-235 milik TNI-AL ini.
(foto: andon rudiyanto)



Sumber: ARC

0 Comment:

Post a Comment