January 9, 2013

Kala “Boss” Turun Gelanggang, Panglima ACC Taklukan Raptor

(MDN), Turun langsung ke lapangan dan ikut “bermandi keringat” bersama anak buah menempuh risiko, itulah yang dilakukan General Gilmary Michael Hostage III, Panglima Air Combat Command.

Bagi Genderal Gilmary Michcael Hostage III, memberi perintah dan memompa semangat para jajarannya tidaklah cukup. Tak mau tanggung-tanggung, jenderal bintang empat AU AS ini ikut belajar terbang dengan F-22 Raptor, jet tempur yang belakangan ini didera masalah serta gosip tak sedap bertubi-tubi. Rentetan insiden dan kecelakaan (mulai dari yang ringan hingga kecelakaan fatal yang memakan korban jiwa) dengan kehebohan tatkala dua pilotnya dalam suatu acara talkshow televisi terang-terangan mengaku “takut” menerbangkan Raptor. Isu gangguan suplai oksigen saat terbang pada para pilotnya jadi poin utama.

Masih Perlukan Kanon Dan Rudal Jarak Pendek


F-16 Menembakkan rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder

Apakah dalam perang udara modern jenis senjata seperti kanon dan rudal jarak pendek masih diperlukan?
 
(MDN), Menurut sejarah pertempuran udara, senjata udara ke udara jarak pendek berupa kanon dan rudal jarak pendek merupakan suatu perlengkapan standar pesawat tempur.  Namun perkembangan teknologi rudal udara ke udara serta sistem radar udara canggih telah menggeser senjata utama pesawat ke rudal dengan jangkauan lebih jauh. Jadi, pertanyaan masihkah senjata udara ke udara jarak pendek kita butuhkan? Jawabannya memerlukan analisis mendalam tentang  sejarah duel udara, prinsip perang udara modern, kemajuan teknologi rudal jarak jauh modern, serta prediksi yang akurat tentang bagaimana situasi pertempuran udara masa depan.

Rapim Kemhan 2013, Tahapan MEF Bisa Dipercepat dan Leopard 2 Sudah Kontrak

(MDN), Seperti biasanya, di awal tahun, Kementrian Pertahanan melaksanakan rapat pimpinan. Demikian pula pada Rabu 9 januari 2013 kali ini. Rapat pimpinan dibutuhkan untuk menyampaikan Kebijakan Menteri Pertahanan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pertahanan negara Tahun Anggaran 2013. Dalam bidang perkuatan pertahanan terutama alutsista, di tahun 2013 akan dilakukan pemantapan terhadap berbagai jenis persenjataan yang sudah dilirik.