March 5, 2013

Saab AB Tawarkan Giraffe AMB dan RBS-70NG kepada TNI AD


Radar Giraffe AMB dan rudal RBS-70NG (all photos : PussenArhanud)
(MDN), Pada hari Rabu tanggal 27 Pebruari 2013 yang lalu Staf Dirbinlitbang Pussenarhanud menghadiri diskusi teknis yang diselenggarakan oleh Saab AB bertempat di kantor Kemhan RI. Dalam diskusi tersebut dipresentasikan beberapa sistem senjata buatan Saab AB yang dapat dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu sistem senjata udara, darat dan laut. Untuk sistem senjata darat, yang dinilai potensial bagi satuan Arhanud adalah sistem Radar Giraffe AMB dan Sista Hanud Rudal RBS 70 NG (Next Generation) yang versi awal keduanya saat ini masih dioperasikan satuan Arhanud TNI AD.

Tanggapan Kemhan Atas Penundaan Proyek Pengembangan Pesawat Tempur KF-X/IF-X

(MDN), Kementerian Pertahanan, melalui Kepala Pusat Komunikasi Publik Brigjen TNI Sisriadi, Senin (4/3) di Kantor Kemhan Jakarta memberikan keterangan tentang wacana penundaan proyek pembangunan Pesawat Generasi 4,5 Korean Fighter Xperiment yang merupakan hasil kerjasama Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) bersama dengan Korea Selatan melalui Defense Acquisition Program Administration (DAPA).

SBY : Indonesia Tak Pernah Gunakan Alutsista Untuk Bunuh Rakyatnya

Indonesia mendapatkan Blue print  tank marder dari Jerman dan akan dikembangkan trus dan diproduksi oleh PT. Pindad (Foto: ARC)

(MDN), Presiden SBY dalam kunjungannya ke Berlin, Jerman, juga menjajaki kerja sama dalam bidang alat utama sistem pertahanan (alutsista). SBY menegaskan modernisasi alutsista bukan untuk menyerang bangsa lain, apalagi rakyat Indonesia sendiri.

Test Flight Dua Sukhoi Berlangsung Sukses

(MDN), Test Flight  dua  Pesawat Tempur Sukhoi SU-30 MK2  TX-3002  dan TX-3001 yang dilaksanakan Senin (4/3)  dan Selasa  (5/3) oleh Pilot Test Alexander Demchenko dan Pavel dari Rusia berjalan lancar dan sukses,   pesawat tempur canggih  yang  tiba  beberapa  hari yang lalu  di Lanud Sultan Hasanuddin  tersebut  sebelumnya menjalani perakitan selama satu Minggu  di Skadron Teknik  044 oleh Tim Teknisi dari Rusia yang dibantu Teknisi dari Skadron Teknik 044 Lanud Sultan Hasanuddin.

Pangarmatim Lepas KRI Diponegoro-365 Emban Misi Ke Lebanon


(MDN), Kapal Republik Indonesia (KRI) Diponegoro-365 dari jajaran unsur Satuan Kapal Eskorta Komando Armada RI Kawasan Timur (Satkor Koarmatim) kembali dipercaya menjalankan misi perdamaian dunia di Lebanon yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-E/UNIFIL tahun 2013 atau Maritime Task Force/ United Nations Interim Forces In Lebanon (MTF XXVIII-E/UNIFIL). Satgas diberangkatkan oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum di dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya tadi pagi, Selasa (5/2).